Trik dan umpan jitu mancing ikan gabus

mancing ikan gabusUmpan jitu mancing ikan gabus – Ikan gabus merupakan salah satu  jenis ikan air tawar predator yang habitat aslinya pada air tawar seperti danau, sungai, rawa-rawa, parit dan kanal. Ikan ini mempunyai beberapa sebutan di Berbagai daerah, seperti ikan kabos (Makasar) ,Ikan kutuk (Jawa tengah), dan lainsebagainya. DI negara luar Indonesia ikan jenis ini juga memiliki berbagai sebutan seperti snakehead murrel, common snakehead, striped snakehead , chevron snakehead. Dalam dunia Biologis ikan gabus ini mempunyai nama ilmiah yaitu Chana striata (Blooch, 1793). Ikan jenis ini mempunyai karakter tubuh dengan daya tahan untuk hidup yang cukup kuat hal ini dapat kita buktikan dengan kondisi ikan tersebut sanggup bertahan hidup dalam air berlumpur dengan kandungan oksigen yang terbatas atau minim. Itu disebabkan karena ikan ini mempunyai alat pernapasan yang biasa disebut labyrint. Walaupun habitat asli ikan ini adalah di rawa-rawa, Akan tetapi ikan Gabus ini pun banyak kita temui di danau, waduk dan sungai- sungai. Keasyikan dari memancing ikan gabus yaitu terpacunya adrenalin anda ketika umapan anda disambar oleh ikan gabus ini. Tarikan ikan ini begitu kuat dan butuh tenaga extra dan teknik memancing yang benar untuk mengangkatnya ke daratan. Oleh karena ikan gabus ini oleh para pemancing alam liar sangat diburu untuk dipancing.

ikan gabus liar

Ikan jenis ini adalah predator yang rakus apalagi ketika ikan gabus ini menyambar umpan.Ditempat atau spot yang cukup bagus dan berpotensi banyak ikan gabusnya dengan hanya melemparkan umpan anda di dekat lubang persembunyian ikan ini , maka tidak butuh waktu yang lama umpan akan disambar dan bahkan tak jarang mata kail kita ikut termakan hingga ke dalam perut ikan ini. Para pemancing traditional pada zaman dulu. Pada saat memancing alatnya hanya memggunakan alat yang sederhana seperti joran tegek yang dibuat dari bahan sebatang bambu yang kemudian diikat dengan benang pancing atau kenur dan hanya menggunakan umpan alami seperti katak. Cara memancing ikan gabus ini pun masih menggunakan tehnik sederhana yaitu umpan dimasukan kedalam perairan kemudian diangkat kembali. Begitu terus berulang-ulang sampai umpannya  disambar oleh ikan Gabus ini. Teknik memancing ikan gabus dengan cara ini bertujuan agar umpan seolah-olah hidup dan bergerak – gerak di dalam air dan disebut tehnik memancing dul-dul.

BACA JUGA  : Umpan Jitu ikan Mujair terbaru dan NETER

bikin umpan mancing gabus

Berikut ini beberapa tips dan cara untuk memancing ikan gabus :

  • Waktu memancing adalah faktor yang cukup penting dalam memancing ikan jenis ini jika menginginkan hasil tangkapan yang lumayan banyak. Waktu yang paling cocok untuk memancing ikan gabus ini adalah sore hari dan pagi hari, karena pada saat saat ini kondisi cuaca disekitar area kita mancing belum terlalu panas sehingga ikan belum akan mencari tempat untuk berteduh. Untuk itu kita bisa menggunakan beberapa teknik seperti tehnik casting maupun teknik popping pada saat memancing diwaktu –waktu ini.
  • Jika kita menggunakan tehnik memancing casting dan menggukan umpan tiruan, Alangkah baiknya kita terlebih dahulu memahami bagaimana caranya agar umpan tersebut terlihat bergerak layaknya seperti umpan yang asli dan alami. Cara yang benar juga harus kita pahami dalam kita menngunakan umpan jenis popper.
  • Jagalah agar suasana tenang ketika memancing dengan tujuan agar tidak membuat ikan kaget dan berenang pergi dari tempat umpan mancing anda.
  • Untuk benang kenur gunakanlah benang kenur yang kuat minimal dapat menarik ikan hingga bobot 44lbs  atau 20 kilogram agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti benang kenur yang putus ketika mendapatkan ikan gabus ukuran besar besar.
  • Jangan lupa membawa mata kail lebih dari satu buah dari yang ukuran kecil hingga yang ukuran besar hal ini bertujuan mengantisipasi apabila tidak ada ikan besar yang memakan umpan kita maka anda bisa mengganti dengan mata kail yang lebih kecil untuk memancing ikan gabus yang berukuran sedang dan kecil.
  • Sebaiknya gunakan joran yang bersifat fast tapper atau kuat dan tebakl pada ujung joran hal ini bertujuan pada saat kita fight atau bertarung liar dengan ikan gabus ini , karena menggunakan joran yang bersifat fast tapper ini anda tidak usah terlalu khawatir joran anda akan patah pada ujungnya.
  • Teknik selanjutnya dalam memancing ikan gabus ini adalah , Menggunakan umpan dan memakai pelampung dengan ukuran yang cukup besar hal ini bertujuan agar pelampung tersebut tidak gampang terbawa arus air dan angin. Pelampung sangat berguna sebagai tanda pada saat umpan jitu ikan gabus kita disambar oleh ikan ini. Maka pelampung akan tenggelam.
  • cara memancing yang benar ikan gabusPada Umumnya yang digunakan sebagai umpan jitu memancing ikan Gabus menggunakan teknik Casting itu Soft Frogie ,Hard Frogie, Mini Popper, Spoon dan Minnow.
    umpan kodok buatan
    umpan casting katak buatan (soft frogie)

    Teknik casting ini lumayan bikin capek sebab kita harus membuang umpan yang dikaitkan pada kail dan menariknya berulang-ulang . Bisa juga dikatakan membosankan apabila umpan kita tidak dimakan – makan , tapi itu lah seninya memancing dalam artian diperlukan tenaga yang prima dan kesabaran. Belum lagi panasnya sinar matahari yang bisa menjadikan badan kita lekas capek. Namun semua itu ketika umpan kita disambar, rasa – rasa yang telah disebutkan diatas itu seakan hilang dalam sekejap digantikan rasa yang gembira bisa menaklukkan keganasan ikan gabus ini.

Berikut ini ada beberapa referensi umpan ikan gabus alami yang bisa anda gunakan :

  • Katak : umpan katak untuk memancing ikan leleCara yang benar dalam memakai umpan jenis ini adalah katak dikaitkan pada mata kail di bagian ekor katak tersebut ,Kalo bisa usahakan katak tersebut dalam kondisi hidup karena jika katak dalam kondisi yang segar maka akan dapat menarik perhatian ikan gabus sehingga ikan tersebut semakin ganas.
  • Cacing Tanah : cara memasang umpan cacing tanahCacing tanah selain gampang untuk dicari baik kita mencari sendiri atau membeli , cacing tanah juga cukup ampuh untuk menarik perhatian ikan predator jenis ikan gabus ini, karena Cacing tanah meniliki ciri khas yaitu bau amis yang sangat menyengat sehingga ikan gabus ini menjadi lebih tertarik.
  • Belalang : umpan mancing belalangBelalang juga dapat dipakai dalam memancing ikan gabus, cara memakainya mata kail dikaitkan pada belalang mulai dari ekornya hingga badanya.
  • Jangkrik (gangsir): jangrik umpan mancingSelain umpan yang sudah ada di atas umpan ikan gabus dengan jangkrik juga dapat digunakan sebagai salah satu umpan jitu mancing ikan gabus. Cara memakainya sama persis dengan memasng umpan belalang.
  • Ikan Kecil Jenis Wader : umpan jitu dengan ikan waderDalam menggunakan umpan ini sama ketika kita menggunakan umpan katak. Yang membedakan dalam memasng umpan yaitu dengan cara kaitkan pada bagian ekor ikan atau punggung ikan agar ikan masih dapat berenang seperti layaknya ikan liar. dan di usahakan ikan tidak cepat mati ketika kita jadikan umpan dalam memancing.
  • Ulat Daun Pisang : ulat daun pisangJenis Ulat daunpisang ini juga ampuh dan bisa kita gunakan dalam memancing ikan gabus . ulat daun pisang memiliki daya tarik tersendiri untuk ikan gabus. caranya memasangnya pada kail pun sama dengan cara memasangnya pada belalang.

mancing ikan gabus

Itulah tadi sedikit pengetahuan saya mengenai umpan jitu mancing ikan gabus dan cara mancing ikan gabus yang baik dan benar. Selamat memancing dan Salam Gentak….

 

 

KOMENTAR ANDA

two × four =