Resep Umpan mancing ikan gariang atau tombro

Umpan mancing ikan Gariang  – Apakah anda pernah mendangar nama Ikan Gariang ,ikan lempon atau ikan mahseer? Ketiga nama ikan tersebut merupakan satu jenis ikan saja akan tetapi penyebutanya yang berbeda – beda tergantung daerahnya, Ikan Gariang merupakan sebutan untuk ikan Tombro untuk di daerah Padang. Ikan Gariang ini memang mempunyai nama yang berbeda-beda di berbagai daerah. Nama yang umum untuk jenis ikan ini adalah semah (Tor spp., syn. Labeobarbus, suku Cyprinidae) yang juga digunakan untuk menamai jenis-jenis Neolissochilus dan Naziritor di negara India). Semah merupakan ikan air tawar yang berasal dari Indo-Australia dan anak benua India. Sebutan lain ikan ini diberbagai daerah adalah seperti ikan kancra (Sunda), ikan tombra (Jawa), ikan salep (Kalimantan), ikan curing atau batak (bahasa orang medan Toba), kelah atau mahseer (Malaysia).

umpan jitu mancing ikan tombro

Ada pula yang menyebutnya dari referensi yang ditemukan yaitu dengan sebutan ikan jurung (Sumatra Utara), kerling (Aceh), pedih (Suku Gayo), gariang (Padang), semah (Palembang),  dewa (Jawa Barat), tor soro (Batak), kancra bodas( sunda), kencara (Kuningan Jawa Barat), tambra/tombro (Jawa), sultan atau kelah (Malaysia), mahseer (internasional), dan masih banyak nama-nama lainnya. Ikan gariang dan semah dapat bertumbuh kembang hingga mempunyai panjang sekitar satu meter lebih, walaupun Pada umumnya yang dijual dipasaran berukuran maksimum 40 cm. ikan jenis ini berhabitat di sungai-sungai yang beraliran cukup deras di daerah pegunungan akan tetapi sekarang populasi ikan ini sangat langka dan terancam akibat penangkapan yang berlebihan. Salah satu bukti yang dapat kita jumpai adalah semakin jarang kita menemukan ikan jenis ini di perairan, ukuran tangkapan ikan semakin kecil dan jarang yang berukuran besar, dan distribusi yang menurun. Bahkan ada beberapa laporan yaitu penangkapan di beberapa cagar budaya alam dan taman nasional. Pihak yang berwenang di Indonesia (Balai Benih Ikan lokal), seperti di padang pariaman, jawa tengah, dan beberapa kabupaten di pedalaman Jambi telah memulai mengembangkan teknologi pembiakan menggunakan simulasi pemijahan dan paket cagar budidaya ( * sumber artikel wikipedia )

cara gampang mancing ikan tombro

Ikan jenis ini Mempunyai sisik yang berwarna putih perak mengkilap dengan daging yang mengandung duri-duri halus akan tetapi mempunyai rasa yang gurih dan renyah apabila digoreng dan mempunyai rasa yang khas dan nikmat. Ikan gariang ini sekilas hampir sama dengan ikan Tawes,  ikan dengan jenis ini merupakan salah satu ikan yang mempunyai dayatarik tersendiri dalam memancingnya oleh karena itu banyak para pemancing yang akhirnya sangat penasaran dengan cara , tehnik dan umpan mancing ikan gariang atau ikan mahseer ini.

Sebuah keasyikan dan tantangan tersendiri untuk dapat memancing ikan jenis ini apalagi jika para pemancing ingin mendapatkan ikan Gariang dengan ukuran babon atau besar. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa dijadikan pengetahuan dalam tehnik memancing ikan gariang ini : bagaimana cara memancing ikan di sungai

  • Jika ikan berada di sungai yang mempunyai arus deras, cara mancing ikan gariang yaitu dengan menggunakan timah peberat atau timbal yang cukup berat saja jangan terlalu berat pula karena akan merpotkan dalam menggulung benang nantinya , tehnik ini bertujuan agar umpan pancing kita dan seluruh bentangan senar pancing tidak bergeser ke bagian tepi pinggir sungai, dengan artian umpan memancing kita  itu tidak akan melenceng atau bergeser dari titik spot target awal pemancingan kita.
  • Selain timah yang cukup berat, pemakaian kili kili atau bahasa asingnya crane swipel sangat penting digunakan untuk mengantisipasi agar senar tidak mudah kusut dan umpan kita tidak mudah lepas karena umpan pancing akan terus berputar-putar dan mengikuti aliran arus sungai yang cukup deras. Ikatkan saja kili – kili  ini pada jarak sekitar 40 cm dari mata pancing atau tepat 10 cm di depan timah pemberat atau timbal.
  • Apabila anda memancing disungai yang beraliran arus deras, Alangkah baiknya membawa dan menggunakan joran pancing lebih dari satu. Dengan Tujuan, Agar memaksimalkan peluang mendapatkan ikan dan dapat pula menghilangkan kebosanan dalam menunggu ikan gariang memakan umpan. Gunakanlah joran panjang dan pendek sebagai variasi dalam memancing. Joran berukuran panjang dipakai untuk mencapai titik spot target memancing yang jauh. Dan pakailah joran berukuran pendek untuk memancing bagian tepi sungai yang lebih dekat.
  • Cara menentukan  aliran sungai mana yang menjadi habitat kesukaan ikan jenis ini untuk mencari makanan atau yang menjadi tempat favorit ikan gariang ini adalah  aliran sungai yang bergejolak airnya yang biasanya merupakan pertemuan air tenag dan air deras, atau tepat bisa juga di tengah pusaran air dalam lubuk lobang sungai, mulut lobang lubuk, ekor lobang lubuk atau batu-batuan yang cukup besar dalam lobang lubuk. Batu-batuan besar dalam lobang lubuk biasanya digunakan sebagai habitat sementara bagi ikan jenis ini sebelum berpindah ke hulu sungai.

Setelah kita mengetahui sedikit pelajaran mengenai tehnik memancing ikan tombro ini berikut ada beberapa Umpan mancing ikan tombro atau ikan gariang yang bisa kita buat sendiri  dan bisa kita pakai dalam memancing ikan jenis ini

tempat mancing yang bagus

Umpan jitu mancing ikan tombro atau Gariang Bagi kalangan pemancing, Resep jitu umpan mancing ikan tombro atau Gariang berikut ini dibedakan antara umpan untuk mancing pagi hari dan mancing siang hari :

Baca Juga  : Umpan Unik Patin 

Racikan umpan ikan gariang pagi hari

bahan-bahan sebagai berikut :

  • 2 ekor ikan mujaer dengan ukuran 3 jari,
  • 1 sendok makan tepung sagu,
  • 1 ½  sendok makan tepung ketan,
  • ½ sendok makan susu bubuk,
  • 1 butir telur gunakan putihnya,
  • 1 ½  sendok makan susu merek beruang,
  • daun pandan untuk pewangi,
  • ½  ons kroto

Cara pembuatannya : ikan Mujaer dikukus hingga dagignya  lunak selanjutnya gunakan daging yang tidak ada durinya . Hancurkan atau Blender hingga halus. Masukan semua bahan diatas bersama daging ikan Mujahir tadi hingga merata kecuali daun pandan dan kroto kita jangan masukan dan campurkan , Setelah rata baru kita masukan daun pandan dan kroto , kukus adonan umpan hingga wangi daun pandan tercium. Umpan siap digunakan memancing ikan Gariang di pagi hari

Racikan umpan gariang siang hari

Bahan yang disiapkan :

resep ampuh ikan sungai

  • ½  klg deho,
  • ½ bks kinoy kristal,
  •  ¼  bks kinoy cair,
  • ¼  katu lampa,
  • ½  bks super tombro warna kuning,
  • ¼  sachet kecil susu bubuk,
  •  1 btr telur gunakan kuningnya saja,
  • daun pandan,
  • ½ ons kroto,
  • 1 sendok makan tepung sagu.

Langkah dan Urutan pembuatanya :

Haluskan deho kemudian aduk dengan kuning telur hingga tercampur rata. Tambahkan bahan-bahan yang lain ke dalam adonan umpan , aduk merata. Kemudian masukkan daun pandan. Kukus adonan umpan  selama 35 menit  atau secukupnya hingga tercium bau wangi. Dan umpan siap untuk digunakan. Disini kroto, berfungsi pada waktu umpan sudak kita pasang pada mata kail baru selanjutnya kita cocolkan pada kroto tersebut .

cara membuat umpan jitu ikan

Dalam Penggunaan umpan jitu mancing ikan Gariang jangan sampai salah, sesuaikan dengan waktu anda memancing. Mancing ikan Gariang memang susah susah gampang . Lain dengan jenis ikan yang lainya, ikan tombro atau gariang ini merupakan jenis ikan yang agak lama dalam memakan umpan. Oleh karena itu Diperlukan umpan dengan aroma yang wangi dan tajam untuk membangkitkan selera makannya. Jika anda sudah tidak sabar untuk membuat umpan jitu ikan tombro atau gariang ini mungkin Liburan kali ini akan mengasyikan apabila di isi kegiatan memancing ikan tombro di sungai. Tapi jangan sapai lupa  sebelumnya siapkan dulu umpan jitunya.

Salam Gentak..

KOMENTAR ANDA

nineteen − 6 =