Rahasia Umpan Mancing Ikan Nila Liar

mancing ikan nilaUmpan Mancing Ikan Nila Liar – Salam gentak.. Bagaimana masih gemar dengan memancing ikan di alam liar nah sedikit info saja buat anda semua yang hobi memancing, kegiatan memancing memang sudah ada dan turun temurun dari orang orang terdahulu kurang lebihnya 40 ribu tahun silam , Hal ini dibuktikan dengan ditemukanya fosil manusia dari Asia timur yaitu suku Tianyuan yang menunjukan bahwa mereka sudah mengkomsumsi ikan air tawar dan air laut pada jaman itu . Jenis jenis fosil yang ditemukan antara lain fosil tulang ikan, kulit kerang, dan juga lukisan tangan di dalam tembok goa yang memperlihatkan bahwa hidangan yang diambil dari perairan baik , sungai , danau atau pun laut adalah faktor yang cukup penting untuk kelangsungan kehidupan manusia pada jaman tersebut. Lain halnya pada jaman sekarang ini mancing  bagi sebagian besar orang merupakan hobi dan keasyikan tersendiri yang dapat dilakukan di kolam, rawa, empang, sungai atau laut lepas. Sudah berbeda orientasi dengan memancing ikan pada jaman dahulu yang memang diperuntukan sebagai penyambung hidup mereka.

umpanmancing ikan nila

Salah satu jenis ikan yang masuk daftar 10 besar ikan air tawar yang paling digemari para penghobi memancing adalah  Ikan Nila . Ikan Nila yang dikenal dengan nama ilmiah (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan diperairan air tawar yang tidak terlalu sulit dalam pembudidayanya dan perkembangbiakannya. Ikan yang berhabitat asli di Benua Afrika ini banyak ditemukan di wilayah perairan di Indonesia. Seperti di sungai, rawa, empang ,waduk-waduk, dan juga dibudidayakan di kolam-kolam pemijahan. Mancing Ikan Nila liar menjadi salah satu target yang cukup banyak dilakukan para mancing mania. Jenis Ikan ini memiliki rasa daging yang cukup gurih tetapi banyak kita temukan duri ketika menkomsumsinya , ini dikarenakan ikan nila yang hidup di alam liar mempunyai struktur tubuh yang ramping , tubuhnya yang ramping bertujuan memudahkan dalam berenang di habitat aslinya yang melawan arus air. Ikan Nila Liar bersifat omnivora atau pemakan Segala jenis umpan dari sayur-sayuran , daging dan lain sebagainya. Sebagian orang menyebut Ikan Nila dengan ikan Mujair . Ikan jenis ini merupakan jenis ikan air tawar yang mampu hidup di habitat perairan air tawar ,sungai, empang dan bisa juga di waduk, kolam atau danau. Oleh karena itu keasyikan memancing ikan nila liar ini harus dibekali dengan keahlian pemancing untuk membuat umpan ikan Nila liar , Pengetahuan mengenai umpan ikan nila liar ini akan sangat berguna dalam menentukan  kesuksesan pemancing dalam mendaratkan banyak ikan.

Berikut ini beberapa Umpan Ikan Nila Liar yang bisa anda pakai dalam mancing ikan nila liar

  • Cacing. cara memasang umpan cacing tanahJenis cacing yang digemari ikan Nila liar yaitu jenis cacing laut dan cacing merah, tetapi yang paling digemari ikan nila ini adalah jenis cacing laut, umpan mancing cacing lautcacing laut yaitu sebutan untuk jenis cacing yang mempunyai struktur tubuh dengan kaki kai kecil yang banyak menyerupai kelabang akan tetapi ukuran cacing laut ini cenderung kecil, cacing laut ini banya kita jumpai di sawah – sawah atau empang yang berdekatan dengan laut, jika kita tidak ingin repot untuk mencarinya biasanya cacing jenis ini bisa kita beli dari para petani dan peternak cacing laut disekitar habitat tempat cacing laut ini yaitu di pinggir sawah , empang dekat laut yang bisa kita dapat kan dengan harga +/- Rp 2000 ,- per wadah kecil. Sedikit tips belilah lebih dari satu wadah kecil karena umpan cacing laut ini sangat mudah putus ketika kita pasang pada mata kail, dan juga satu wadah plastik  biasanya cuman berisi beberapa ekor cacing laut.  Yang kedua yaitu cacing merah, cacing jenis ini sangat banyak sekali kita jumpai dan mudah dalam mencarinya, cacing yang bersembunyi dalam batang pisang busuk, sampah dan selokan ini bisa dengan mudah kita dapatkan, kembali lagi jika anda tidak mau repot cukup dengan membayar Rp 3000,- / kaleng dan anda sudah dapat mendapatkan cacing merah dari toko toko pancing dan  pakan unggas atau burung. umpan jitu cacing merahUmpan berupa cacing merah ini juga kerap putus sehingga Anda akan akan lebih sering memasang umpan, tips untuk umpan jenis cacing ini jika kita membeli dari toko umpan yaitu bawalah umpan cacing lebih dari satu kaleng atau wadah dengan tujuan umpan jenis ini akan sering mengganti umpannya, nah jika kita cuman membawa persedian cacing yang minim apalagi tempat lokasi memancing ikan nila liar ini biasanya jauh dari tempat atau toko jual empan bagaimana ? mau pulang lagi ? hahahaha…
  • Kroto.umpan jitu mancing ikan kelabauUmpan mancing ikan Nila liar yang kedua adalah kroto. Umpan ikan nila liar mengunakan umpan kroto merupaka jenis umpan ikan yang susah jika kita akan mencarinya sendiri dari sarangnya oleh karena itu lebih efisien jika kita membelinya di toko-toko unggas atau toko umpan mancing. Pakailah kroto yang masih segar kroto yang masih segar dapat kita bedakan dengan bau khasnya yang agak kecut dan fisik dari kroto tersebut tidak layu ciri lainnya yaitu masih terikut semut rangrang hidup. Butiran putihnya pun tampak padat dan berisi.

Baca juga  : Racikan umpan ikan mas harian cepat dan mudah

  • Lumutcara memancing ikan nila dengan umpan lumutUmpan ketiga yang bisa kita pakai memancing ikan nila liar adalah berbagai jenis lumut bisa termasuk lumut lumut sawah dan sungai. Untuk umpan lumut bisa menggunakan yang sudah tua  atau bisa juga yang masih ranum. Yang terpenting pilih lumut yang berukuran cukup panjang sehingga mudah ketika dikaitkan di mata kail .Jenis lumut yang kita sebutkan tadi mempunyai bentuk fisik seperti rambut dengan warna hijau yang  gelap. Dapat kita temukan di air parit atau selokan yang airnya mengalir atau bisa juga kita dapatkan di genangan air sawah. JIka Anda menggunakan lumut jenis ini sudah bisa dipastikan ikan Nila liar atau alami  akan memakanya dari ikan Nila ukuran 3 jari sampai ikan Nila ukuran besar atau tergolong babaon. Jenis lumut yang juga bisa digunakan sebagai umpan ikan Nila liar , terutama Nila ukuran babon adalah lumut yang ada di tambak. Yang memiliki bentuk dan textur kasar dengan warna dasar hijau cerah.  Tips untuk umpan jenis lumut-lumutan ini  tempatkan lumut pada wadah ember, isi dengan air secukupnya. hindari dari terkena cahaya matahari langsung agar terjaga kesegarannyadan awet . Jika kita menambahkan berbagai bahan tambahan seperti vanilli, masako , garam , essen atau bahan lain pisah kanlah dari wadah utama dan pergunakan sedikit demi sedikit saja karena bahan – bahan tersebut membuat lumut tidak bisa awet , tidak bertahan lama dan cepat membusuk. Cara penggunaan umpan jenis lumut ini  yaitu  taburkanlah sedikit garam atau bahan – bahan campuran dengan tujuan agar teksturnya terlihat lebih lembut dan mempunyai aroma yang memikat ikan. Ketika ikan Nila liar utamanya jenis babon pada saat menyambar umpan lumut akan membuat pelampung bergerak istilah dalam dunia pemancinga adalah “ ngetrik “ akan tetapi pergerakan pelampung akan terlihat lembut kadang kala juga sama sekali tidak terlihat bergerak pelampungnya ( tidak ngetrik ) dalam artian pelampung tersebut langsung tenggelam, hal ini disebabkan karena cara makan ikan babon ini dengan menyedot umpan tersebut
  • Mie instan umpan ikan nila dengan mie instanUmpan mancing alternatif lainnya yang juga patut untuk dicoba adalah mie instan , mie instan tersebut diremuk hingga hancur dan lembut, kemudian tambahkan kuning telur bebek dan aduklah hingga merata sampai kita peroleh tekstur yang pulen dengan tujuan agar bisa menempel di mata kail dengan kuat. umpan mie instan untuk mancing ikan nila liar siap digunakan.
  • Udang Rebon umpan jitu udangUmpan yang terakhir yang bisa kita pakai Adalah udang rebon hidup atau segar ukuran kecil yang cara pemasangannya pada hook atau mata kail cukup dengan dikaitkan pada tubuh udang yaitu dekat ekor. Usahakan jangan sampai mengenai urat punggungnya supaya udang rebon tetap hidup. Boleh juga memasang lebih dari satu , yaitu 3 hingga 4 udang rebon.Sedikit tips lagi cara perawatan Udang rebon dan jenis udang lain agar bisa bertahan hidup cukup lama yaitu tempatkan udang dalam wadah yang gelap dan sejuk. Jika anda bisa buatlah wadah yang mempunyai banyak celah kemudia tutup dengan rapat, lalu benamkan ke dalam air dekat dengan tempat anda memancing.

 

Trik atau teknik cara mancing ikan Nila liar yang biasa dipakai para pemancing jenis ikan ini adalah menggunakan teknik ndlosor atau ada yang menyebutnya ngglosor yaitu teknik memancing dimana mata kail dan umpan berada di dasar air teknik memancing dengan jenis ini tidak menggunakan pelampung. Akan tetapi ada juga yang menggunakan teknik semi casting yaitu memakai pelampung dengan umpan yang diseret pelan-pelan di permukaan air. Ada pula yang menggunakan teknik biasa yang dipakai di kolam- kolam pemancingan. Apapun teknik yang anda pakai yang jelas memancing adalh hal yang tidak bisa diprediksi, tergantung hoki dan kesiapan kita dalam memancing.

neter ikan nila

Selamat memancing dan salam gentak…

KOMENTAR ANDA

five × 3 =