PANDUAN SUKSES CARA BUDIDAYA IKAN LELE (dengan gambar)

Cara budidaya ikan lele  – Ikan Lele, yup  jenis ikan yang masuk dalam kategori ikan populer di indonesia sebagai ikan konsumsi sehari – hari masyarakat yang tergolong cukup tinggi. Nah dalam artikel kai ini kami akan membahas mengenai  “Panduan Cara Sukses Budidaya ikan Lele”. Dari berbagai nara sumber dan pengalaman para peternak ikan lele.

cara tenak ikan lele
proses perkawinan ikan lele

Pasaran atau harga jual dan potensi daya beli masyarakat terhadap jenis ikan yang satu ini tergolong cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tidak pernah sepinya pasar/lapak penjual ikan lele dari para peminat dan pembeli ikan yang satu ini. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor diantaranya faktor yang cukup menarik perhatian masyarakat indonesia adalah masalah harga yang relatif bersahabat atau bisa dibilang terjangkau dan murah untuk kalangan masyarakat indonesia.  Karena tingginya permintaan pasar ini lah yang bisa kita abil kesimpulan bahwa, Budidaya ikan lele atau pembesaran ikan lele masih merupakan ladang bisnis yang cukup menggiurkan.

cara ternak ikan lele di kolam tembok
usaha ternak lele

Sering perkembangan zaman,  Pemerintah juga secara pro aktif memberikan dukungan melalui penyuluhan, penelitian dan kampanye mengenai budidaya ikan lele ini dari pemilihan bibit unggul benih lele sampai usia panennya. Sehingga berbagai kantor instansi pemerintah yang bergerak dalam sektor perikanan dan budidaya ikan lele akan kita jumpai di  di sejumlah daerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, budidaya ikan lele tidak bisa dilakukan hanya dalam kegiatan subsisten saja.

BACA JUGA : Rahasia mancing ikan lele galatama

Ikan Lele termasuk dalam kategori atau jenis ikan yang dapat hidup dalam kondisi perairan yang cukup buruk sekalipun, akan tetapi tetap akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan ikan lele tersebut.

Yang perlu kita ketahui juga Ternyata lele juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita, Seperti contohnya : Ikan Lele Kaya akan Asam lemak omega 3 , Kaya Protein,  Kaya Vitamin B 12, dan masih banyak lagi yang lainya.

cara masak ikan lele
aneka masakan ikan lele

Kalo kita melihat secara kaca mata bisnis budidaya ikan lele berpotensi  sebagai lahan bisnis dan penghasil pundi-pundi rupiah yang cukup menggiurkan. Hal ini dibuktikan dengan  supermarket besar , Pasar tradisional ,tenda di kios-kios pinggir jalan membutuhkan pasokan lele dalam kapasitas dan jumlah yang cukup besar secara continuitas atau berkesinambungan ( terus menerus)..

Keunggulan dari budidaya ternak lele dibangdingkan dengan budidaya jenis ikan ikan air tawar yang lain adalah, Ternak atau budidaya ikan lele bisa dilakukan di lahan atau bidang budidaya sumber daya air yang terbatas meskipun jumlah benih ikan yang tinggi, selain itu juga modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah (tergantung pada ukuran dari biaya pakan ikan lele), Selain itu juga lele memiliki kandungan protein dan gizi tertinggi dibandingkan dengan jenis ikan perairan air tawar  lainnya.

Dalam budidaya ikan lele kita akan mengenal dua jenis atau dua hal tentang cara budidaya ikan lele berdasarkan media yang kita gunakan .

  1. Budidaya ikan lele dengan media alami (kolam alami )
  2. Budidaya ikan lele dengan media / penampunagn buatan ( kolam terpal )

Nah langsung saja kita kan membahas tentang budidaya ikan lele dengan berbagai macam media ini:

Budidaya ikan lele dengan media alami (kolam alami )

Seperti yang kita ketahui pada umumnya budidaya ikan lele pada awalnya dlakukan di kolam kolam alami seperti pada umunya dengan menggunakan media atau penampungan kolam yang cukup lebar. Dan dengan tebar benih yang cukup banya juga.

ternak lele di kolam tanah
ternak lele dengan kolam tanah ( alami)

Ada beberapa kekurangan jika kita menggunakan media kolam alami sebagai  tempat atau kolam penampungan bagi bakal calon ternak dan budidaya ikan lele kita antara lain adalah kita akan membutuhkan lahan yang cukup luas untuk membuat media atau kolam penampugan ikan lele tersebut, yang kedua proses dan pembuatan kolam yang ribet, memakan waktu dan cukup mahal dalam pembuatan kolam tersebut.

Kelebihan Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan  media alami atau kolam alami adalah kolam yang sudah jadi akan bertahan lama dan bisa dipakai dalam jangka waktu pembudidayaan kembali dalam tempo atau waktu yang lama, tanpa adanya perbaikan atau penggantian media atau tempat penampungan ( karena biasanya lahan cuman digali dibentuk kotak atau persegi pajang dan biasanya di lapisi dengan plesteran semen ) dalam waktu yang lama juga.

Budidaya ikan lele dengan media / penampungan buatan ( kolam terpal )

Nah kalo dengan media terpal sebagai kolam pembudidayaan ikan lele yang sekarang ini masih marak diperbincangkan , khususnya di kota kota besar yang minim akan lahan untuk pembuatan kolam. Karena salah satu keuntungan dari ternak ikan lele dengan media terpal adalah tidak memakan lahan atau tempat yang cukup lebar dan banyak.

Cara budidaya ikan lele
ternak ikan lele di belakang rumah

Pembuatan kolam terpal dapat dilakukan di halaman ataupun di pekarangan rumah. lahan yang bisa kita gunakan berupa lahan yang lahan yang telah dimanfaatkan atau  belum dimanfaatkan.

BACA JUGA : Umpan spesial ikan lele malam hari

Kelebihan Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan  media dari kolam terpal adalah terhindar dari hewan pemangsa ikan, seperti jenis hewan piaraan ( kucing) , ikan predator yang lain , ular sawah dan lain sebagainya, dan juga ikan terlihat lebih cerah, yang terpenting adalah menghemat tempat dan cara pembuatan yang tergolong tidak ribet, cepat dan relatif lebih murah dibanding dengan media kolam alami .

Sedangkan kekuranganya yaitu dibutuhkan terpal pengganti dalam kurun waktu yang relatif singkat (tergantung dari jenis dan terpal yang kita gunakan) dan perwatan lebih itensif karena ikan berada buka pada habitat aslinya disini bisa diartikan bahwa pemberian pakan terhadap ikan lele tidak bioleh sampai  terlambat.

Dengan menggunakan berbagai instrumen atau peralatan tambahan seperti dilengkapi dengan pengatur volume/ketinggian air yang berfungsi  untuk penyesuaian ketinggian air sesuai usia ikan dan dapat mempermudah pada saat panen ikan.

harga pakan ternak ikan lele
ternak ikan lele

Budidaya ikan lele bisa kita buat usaha skala kecil dan besar, tergantung dari ketekunan dan modal kita. Seperti contoh Lele yang dihasilkan oleh budidaya dengan media terpal  lebih berkualitas, lele terlihat tampak bersih, dan seragam. Lahan yang digunakan regular tidak berubah karena bukan kolam galian. Maka untuk pengembangan dibutuhkan modal usaha yang sebanding dengan hasil yang akan kita capai ( semakin banya media / kolam terpal semakin banyak nilai keuntungan yang akan didapatkan).

Budidaya ikan lele dengan media  terpal / penampungan buatan

Hal hal yang perlu diperhatikan dalambudidaya ikan lele dengan media terpal atau kolam tanah (alami) :

1.Pembuatan Konstruksi kolam

Tahap utama dalam budidaya ikan lele adalah kolam budidaya baik kolam tanah maupun kolam terpal. Yang perlu diperhatikan dalam kolam penampungan dengan media terpal adalah bagian dalam kolam terpal kita cuci terlebih dahulu sebelum dipakai dengan sabun dengan tujuan untuk menghilangkan bau lem atau bahan kimia yang dapat membunuh bibit benih ikan lele kita. Kemudian, bagian dalam terpal dibilas bersih dan dikeringkan dan kita diamkan kurang lebih selama satu hari, Selanjutnya setelah kita diamkan kurang lebih satu hari, kolam kita isi dengan air bersih hingga 30 cm.Setelah kolam terpal sudah terisi air diamkan selama kurang lebih satu minggu dengan tujuan untuk proses pembentukan lumut dan untuk pertumbuhan plankton-plankton air  (tambahkan daun daunan seperti daun pepaya dan lain sebagainya).

cara ternak ikan lele di kolam terpal
pemberian daun pada kolam terpal

Kemudian setelah -/+ satu minggu tambahkan air lagi hingga mencapai 80 cm , Air yang telah ditinggalkan selama seminggu penuh dan diberikan daun-daun seperti pepaya atau daun singkong. Tujuannya agar air berwarna hijau. air hijau bertujuan agar mencegah bau yang disebabkan karena penguapan air kolam dan berkurang nya air kolam , nah maka harus dilakukan 25% penambahan dan penggantian air tiap bulanya ( jika dirasa air sudah mulai berkurang) tergantung dari suhu dan penguapan air kolam terpal itu sendiri .

2.Pemilihan Bibit dan Benih Lele yang bagus dan unggul

Bibit unggul  ikan lele dapat kita lihat dengan cara memperhatikan ciri-ciri benih Ikan lele yang bagus Sebagai Berikut :

ternak ikan lele kolam terpal
benih ikan lele
  • Benih Terlihat aktif Melakukan tenggakan atau oksigenasi (posisi ikan menongolkan kepala ke permukaan air)
  • Agresif, Gesit Dan cerah.
  • Ukuran panjang benih ikan lele terlihat Sama Rata.
  • Warna terlihat Lebih Terang.

3.Penebaran Benih ikan lele

Siapkan benih kurang lebihnya  1000 lele dumbo/sangkuriang ukuran 1,5-2 inci atau biasanya ukuran benih ikan lele  5 -6 cm dan 7-8 cm. -/+ 1000 benih ikan lele tersebut kita tempatkan pada ukuran kolam 2m x 1m x 1m. jika kita ingi budidaya atau ternak ikan lele dalam kuota yang lebih besar maka penebaran benih kita tambahkan dan akumulasikan sesuai dengan perbandingan dan ketentuan diatas. Benih ikan yang baru dibeli jangan langsung dimasukkan ke dalam terpal atau kolam untuk budidaya, tapi harus melalui tahap peredaman terlebih dahulu yang bertujuan untuk  menyesuaikan suhu benih ikan dengan air di kolam yang lama dengan yang baru

Langkah-langkah peredaman benih ikan lele sebagai berikut :

bisnis ikan lele kolam terpal,
ember tempat membawa ikan lele
  • Siapkan ember / Bak sementara.
  • Masukan beberapa gayung air kolam yang akan di jadikan budidaya ikan kedalam ember/bak sementara
  • Masukan Benih Lele yang akan Di tebar ke dalam ember / bak sementara
  • Diamkan Selama Kurang lebih selama 30 Menit (tujuan agar benih ikan melakukan penyesuain dengan air kolam terpal bakal budidaya) dan untuk menghilang stres ikan setelah di pindahkan dari habitat yang lama (penangkaran) dan akan masuk kehabitat baru.
  • Setelah 30 menit benih dapat di tebar ke dalam kolam baik kolam terpal maupun kolam alami atau tanah.

Yang perlu diperhatikan juga , Penebaran benih sebaiknya  dilakukan pada pagi atau malam hari hal ini dikarenakan di waktu pagi atau malam hari kondisi air akan relatif lebih stabil. Setelah lele berumur lebih dari 20 hari, lele perlu kita sortir dengan menggunakan bak penyortir khusus ikan lele berukuran 9 -12 cm.

cara mudah sortir lele
cara menyortir lele di kolam terpal

Alasannya perlunya kita melakukan sortir ialah karena, ikan lele yang lebih kecil akan sulit untuk bersaing mendapatkan makanan karena kalah besar dan cepat dengan yang lebih besar ,dan ini berakibat memperlambat laju pertumbuhan ikan yang masih kecil sebagian. Oleh karena itu, sejak awal kita harus sudah menyiapkan minimal dua kolam ukuran yang sama dengan tujuan untuk memisahkan ikan yang sudah di lakukan penyortiran.

BACA JUGA : Umpan jitu Ikan Mas ..

Apabila tidak mempunyai lahan yang cukup luas kita dapat menyiapkan kolam untuk ikan yang kecil hasil sortirdengan ukuran yang  lebih kecil dari kolam budidaya. karena hanya ikan yang berukuran kecil saja yang di pindahkan ke kolam hasil sortir (kolam kecil untuk ikan yang kecil) dan kolam utama yang besar kita gunakan untuk ikan yang lebih besar.

4.Pengaturan Ketinggian dan Kualitas air

Air kolam terpal  akan berkurang karena proses penguapan maka perlu kita tambahkan air sampai tingkat air kembali ke posisi semula atau normal. Tingkatan air berdasar Pada periode budidaya bisa kita kelompokan sebagai berikut :

  • air kolam terpal 30 cm (bulan pertama),
  • air kolam terpal 40 cm (bulan kedua), dan
  • air kolam terpal 80 cm (bulan ketiga).

Warna air yang terbaik bagi ikan lele adalah yang berwarna hijau karena ini menunjukkan bahwa kualitas air yang cocok dan baik untuk ikan lele. Lele tidak suka air yang terlalu jernih.

biaya ternak lele kolam terpal,
Kondisi air merah pada saat lele sudah dewasa

Dan air akan berubah menjadi berwarna merah ketikan ikan sudah dewasa dan untuk siap panen.

5. Kedalaman air

Kolam jangan terlalu cetek atau dangkal  ( khusus kolam tanah) karena penguapan akan membuat ikan lele menjadi terlalu panas. Tentunya ini akan membuat ikan menjadi kepanasan, kelelahan dan mati. Solusinya adalah dengan rutin menambahkan air ketika telah surut dan dikembali ke posisi yang telah ditentukan (sesuai dengan usia benih ikan).

cara ternak ikan lele dengan terpal
tumbuhan air untuk budidaya ikan lele

Selain itu disarankan untuk menambahkan tanaman air seperti enceng gondok ,kangkung, dan daun talas / talas. Fungsi tanaman air tersebut sebagai tanaman peneduh, selain itu juga dapat berfungsi menyerap racun yang terkandung di dalam air kolam.

6.Tingkat Kejernihan Air

Pada dasarnya lele tidak suka dengan kondisi air yang terlalu jernih. Hal ini dapat dilihat dari sifat dasar dan bentuk tubuhnya. Pada malam hari lele tidak perlu penglihatan yang baik karena lele biasanya mengandalkan indra penciuman dan perabanya pada saat mencari makan di malam hari. dari bentuk tubuh ikan lele yang mendukung dalam mencari makan yaitu memiliki kumis di sekitar mulut yang berfungsi sebagai alat peraba. Oleh karena itu kumis lele atau patil sangat mempengaruhi ikan tersebut dalam mencari  makanan.

Disamping itu juga, sistem pernapasan ikan lele memakai labirin, sistem pernapasan yang menggunakan labirin yang berarti bernapas tidak bergantung pada oksigen yang terkandung atau terlarut di dalam air. Dengan demikian dapat kita simpulkan , dalam kondisi oksigen yang sedikit atau minimal di dalam air berlumpur  ikan lele tetap dapat bertahan hidup dalam air berlumpur tersebut. Meskipun ikan lele tidak suka dengan air yang terlalu jernih, kita tidak bisa memasukan sembarangan jenis air ke dalam kolam budidaya ikan lele.

Nah ketika kita temukan air yang mengandung parasit dan bakteri  yang dapat menyebabkan penyakit pada ikan. sebagai penanggulanganya yaitu dengan memberikan dedaun seperti yang disebutkan di atas sehingga air akan berwarna hijau.

7.Pemberian Pakan Ikan Lele

Pemberian Pakan Ikan Lele dilakukan tiga kali sehari yaitu pukul  08:00 pagi, 5 sore dan 9 malam. Pemberian Makanan ikan lele tidak selalu harus 3 kali sehari, bisa jadi 4 kali sehari, tergantung pada kebutuhan ikan lele akan makanan .

pembesaran ikan lele kolam terpal,
pemberian pakan yang tepat pada ternak lele

Yang perlu diingat pada waktu pemberian pakanan berupa pelet diusahakan sedikit demi sedikit jangan terlalu banyak disesuaikan saja dengan jumlah ikan dan kondisi kolam , karena pemberian pakan yang terlalu banyak dan menyisakan sisa pakan pelet akan membuat air kolam terkontaminasi zat kimia yang terdapat pada kandungan umpan pelet tersebut.Dengan kata lain pakan yang mengendap yang tidak termakan oleh ikan, akan menyebabkan amonia beracun. Yang menyebabkan berbagai penyakit pada ikan.

Dalam proses Pemberian Pakan budidaya ikan lele , diberikan dengan menggunakan jenis sentrat sebagai berikut :

  • umpan pelet ikan lele 781-2 ( pada usia benih 5-6 cm)
  • umpan pelet ikan lele 781-1 ( pada usia benih 7-8 cm)
  • umpan pelet ikan lele 781 polos ( pada usia lebih besar dari 10 cm )
cara mancing ikan gurame
pelet untuk ikan lele 781 -2

Umpan pelet 781 di dalamnya mengandung nutrisi yang di butuhkan ikan lele seperti protein 35%, lemak 11-17%, karbohidrat 16-25%, vitamin dan mineral. Merek umpan atau pelet ikan lele yang beredar di indonesia banyak macam dan harganya dari umpan pelet ikan lele 99 sampai 781 sendiri.

Tips pakan alternatif (selingan) untuk ikan lele : Pakan Alami Juga Bisa Di Berikan Seprti  Daun-daunan kangkung yang dipotong kecil-kecil, keong sawah yang dibejek, ayam mati yang sudah dibakar.

Pakan ikan lele yang baik , efisien, benar dan tepat akan sangat menguntungkan bagi usaha budidaya ikan lele kita.

8.Pengendalian Penyakit dan Hama pada ikan lele

Penyakit dan hama tidak bisa dianggap remeh karena sangat mempengaruhi kelangsungan budidaya ikan lele kita dan tingkat keberhasilan dalam budidaya ikan tersebut. Hama biasanya binatang pemangsa seperti ular sawah , tikus, berang-berang, burung pemakan ikan, kucing, dll .

Adapun penyakit seperti bakteri dan virus yang diakibatkan pemberian pakan yang tidak baik dan tepat serta penggunaan media air yang berkualitas jelek  untuk pengisisan air kolam budidaya.

Pencegahan dari hama penganggu ikan lele adalah dengan menggunakan semacam pagar atau penghalang ( jaring) sehingga tidak ada hama dan hewan liar yang masuk ke kolam budidaya . Untuk pencegahan dan pengobatan virus, penyakit dapat diberikan obat-obatan yang banyak tersedia di toko perikanan, tergantung pada macam dan jenis penyakit yang ada pada ikan lele.

penyakit ikan lele kolam terpal,
pengaman ternak ikan lele dari terpal

9.Cara Panen ikan lele

Setelah Ternak atau budidaya ikan lele berjalan kurang lebih selama 90 hari ( 3 Bulan ), ikan lele sudah dapat kita panen. Proses pemanenan dilakukan dengan menyortir dengan memilih ikan yang layak untuk dikonsumsi (dijual) ukuran biasanya 5 ekor/kg sampai 8 ekor/ kg  ( tergantung selera pembeli, selera pasar masing-masing daerah), dan untuk  ukuran ikan lele yang masih kecil kita pisahkan dan dibudidayakan kembali.

waktu penyortiran ikan lele
penyortiran ikan lele pada saat panen

Demikian sedikit ulasan mengenai  PANDUAN CARA SUKSES BUDIDAYA IKAN LELE  Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda dalam berbisnis di bidang perikanan

SELAMAT MENCOBA !

Jika ada yang kurang atau perlu dikoreksi , kritik dan saran , atau tambahan silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih…

 

2 thoughts on “PANDUAN SUKSES CARA BUDIDAYA IKAN LELE (dengan gambar)

KOMENTAR ANDA