Jenis umpan ikan lele malam hari Terbaru dan Neter

Umpan ikan lele malam hari

Memancing ikan Lele banyak digemari di kalangan para pemancing sebab umpan ikan Lele yang sangat mudah didapatkan dan dalam memancingnya pun tidak terlalu susah yang terpenting adalah perlawanan dari ikan lele ketika menyambar umpan adalah hal yang sangat dinanti para pemancing . Ikan Lele yang hidup di alam adalah ikan yang berjenis nokturnal atau aktif mencari makan pada waktu malam hari sementara pada waktu siang hari lebih banyak bersembunyi di tempat gelap dan tenang. Umpan ikan Lele malam hari harus kita persiapkan dengan baik supaya pada waktu memancing tidak “Bagong” dan membawa pulang banyak hasil tangkapan ikan lele.
Ikan lele jenis ikan air tawar ini sangat menarik dijadikan sebagai target memancing. Ikan jenis ini mempunyai alat perlindungan penyengat berupa semacam kumis yang sebetulnya adalah sirip yang bisa melukai musuh nya yang ada di alam atau juga tangan orang yang memegangnya bila kita tidak waspada. Gerakan ikan yang satu ini termasuk lincah dan gemar hidup secara berkelompok dengan perkembangbiakan yang sangat cepat pada waktu  musim hujan. Oleh karena itu  banyak orang memilih ikan Lele untuk diternakan dan dibudidayakan untuk diperjual belikan . Ikan lele merupakan salah satu sebagai pilihan yang bagus untuk sumber protein hewani, karena mengandung protein hewani yang cukup tinggi.

Walaupun tergolong hewan nokturnal namun tidak berarti ikan Lele tidak mau memakan umpan di siang hari, Tetapi jika di malam hari ikan Lele akan menjadi lebih agresif dan cenderung galak. Mancing ikan Lele di alam liar akan lebih mengasyikkan karena lebih menantang lebih-lebih bila memancingnya di malam hari. Piranti yang akan dibawa cukup alat pancing yang ringan-ringan saja. Gunakan kail ukuran 6 hingga 8, benang dengan kekuatan hingga 3-4 kilo. jangan lupa membawa lampu senter,akan tapi ketika memancing usahakan agar tidak menghidupkan senter ke arah air sebab akan menyebabkan ikan Lele lari dan bersembunyi. Di samping itu mungkin juga diperlukan scotelight atau alat penanda cahaya yang ditempatkan pada ujung joran pancing untuk penanda jika umpan di kail kita disambar oleh ikan. Ada juga yang  memakai lonceng kecil sebagai penanda. Di samping menggunakan pancingan pada umumnya, mancing ikan Lele pun bisa menggunakan tajur yaitu sejenis alat pancing joran berukuran pendek yang dibiarkan dalam waktu tertentu (Di pantengin ) untuk kemudian ditinggal kan dan akan dilihat lagi pada setelah beberapa jam dilihat apakah umpan sudah dimakan ikan Lele atau belum, biasa nya memancing dengan cara ini menggunakan joran tajur yang cukup banyak karna memancing dengan cara ini joran akan ditinggal dan akan dilihat kembali dalam beberapa jan atau waktu yang lama.

Nah Sekarang kita akan membahas umpan ikan Lele malam hari yang cocok untuk digunakan. Berikut ini adalah bermacam umpan yang bisa dipakai untuk memancing ikan Lele malam hari :

  1. Daging ayam
    umpan jitu ikan lele Daging ayam terutama bagian paha atau sayap , dikukus kemudian sesudah matang, daging Ayam diblender hingga halus. Untuk pengeras bisa menggunakan pelet 48 yang mempunyai aroma dan bau daging belut.
  2. Daging Sapi umpan macing ikan lele malam hariDaging sapi yang giling yang bisa dibeli di supermarket atau pasar modern untuk memperoleh kualitas daging yang bagus dan nomer satu. Bisa juga ditambahkan 3 hingga 4 tetes essen aroma dan rasa tengiri atau kepiting tiap 100 gram daging sapi giling yang  digunakan.
  3. Kepiting sawah atau kepiting laut .umpan kepiting sawahAmbil dagingnya yang putih saja.
  4. Kelomang  mancing ikan lele malam harigunakan anggota badannya saja.
  5. Laron umpan jitu ikan dengan laronusahakan mencari laron dengan kondisi sayap lengkap. Gunakan beberapa ekor sekaligus sebagai umpan.
  6. Cacing sutera cacing sutra umpan ikan lele atau bisa juga menggunakan cacing beku. Tips menggunakan Umpan ikan Lele malam hari menggunakan jenis cacing ini dengan cara dibungkus dengan kain perban baru ditempatkan di mata kail pancingan kita.
  7. Jangkrik jangrik umpan mancing ukuran yang sedang saja disesuaikan dengan mata kail dan target ikan yang akan kita pancing, pakailah sekor atau lebih kemudian tekan bagian perut jangkrik agar aroma jangkrik menyebar di air.
  8. Belut umpan belut untuk mancing leleukuran jari diolah dengan cara dikukus, digoreng ataupun dibakar., kemudian kita potong kecil kecil seukuran mata kail yang kita pakai dipotong hingga menyerupai dadu atau boleh hanya diambil dagingnya saja dengan ukuran sekitar 2,5 cm.
  9. Berbagai jenis cacing hidup umpan mancing cacing laut , akan tetapi yang paling bagus yaitu cacing lur serta cacing laut. Pasang cacing 2 hingga 4 ekor cacing sekaligus agar lebih menarik perhatiab ikan dan bisa memperoleh hasil memancing yang maksimal.
  10. Kijing dan jenis- jenis kerang lain mancing ikan lele dengan kerangYang bisa kita cari atau beli di pasar tradisional
  11. Ikan ikan ukuran kecil umpan mancing ikan guppy , ikan ikan ukuran kecil yang akan digunakan untuk memancing lele dimalam hari bisa menggunakan ikan gapi dan ikan mas kecil, ikan gapi bisa kita cari di sungai sungai, sedangakan untuk ikan mas kecil ( ikan mas anak ) bisa kita beli di tukang aquarium atau toko ikan hias, cara menngunakan umpan ikan ini bisa kit akait kan ke kail dalam keadaan hidup atau bisa juga kita pencet perutnya terlebih dahulu agar mendapatkan aroma yang tajam ketika didalam air.
  12. Katak umpan katak untuk memancing ikan lele cara memasang umpan katak , umpan memancing lele dengan menggunakan katak atau kodok digunakan untuk memancing ikan lele berukuran besar atau ikan lele babon, hampir sama dengan menggunakan umpan ikan ikan kecil diatas , cara menggunkan umpan katak bisa dipakai hidup – hidup atau bisa juga kita pakai dengan cara kita bagi katak menjadi dua bagian ter lebih dahulu baru kita pakai untuk memancing.

 

Selamat memancing dan Salam Gentak….

KOMENTAR ANDA