Cara unik mancing ikan belanak dan umpan ikan belanak

UMPANMANCING.NET – Ikan belanak merupakan salah satu jenis ikan yang tergolong gesit dan agak sulit untuk dijadikan sasaran atau target untuk memancing. Habitat asli ikan belanak ini bisa kita jumpai di air tawar  dan kadang juga di air payau . Di belahan  Pasifik ikan belanak bisa kita jumpai di perairan  Australia , Samoa, New Caledonia dan Fiji. Sedangkan di Kawasan Asia ikan ini banyak dijumpai di India, Filipina, Malaysia , Srilangka  dan Sudah tentunya di negara maritim Indonesia.

rahasia umpan belanak
bentuk fisik ikan belanak

Nah kali ini kami akan membagikan tips membuat umpan ikan belanak yang ampuh dan bonus tambahan trik unik mancing ikan belanak  dengan perangkap botol ala Ukawa.

Langsung saja kita mulai cara membuat umpan ikan belanak. Nah Caranya membuat umpan ikan belanak tergolong sangat mudah, hampir semua bahan tersedia di rumah anda.  Inilah beberapa bahan dan cara membuat umpan untuk ikan belanak:

Umpan Ikan Belanak pertama

Bahan-bahannya ialah:

  1. ¼ kg tepung terigu
  2. Garam 5 sdm
  3. 1 butir telur ayam
  4. Margarin 2 sdm
  5. Essence aroma udang
  6. Air hangat secukupnya ( untuk campuran sampai dirasa umpan kalis dan pas )

Cara membuat umpan :

  • Masak margarin sampai meleleh
  • Larutkan garam dan esen dengan ¼ air
  • Masukkan telur, essen dan larutan garam pada tepung terigu sedikit demi sedikit sambil anda aduk-aduk hingga adonan tercampur rata
  • Kukus racikan umpan tersebut
  • Setelah dirasa matang, tekan-tekan umpan hingga semua hancur merata
  • Umpan siap dipakai untuk memancing ikan belanak.

*ukuran diatas bisa menghasilkan lebih dari 1/2 kg umpan.

Umpan Ikan Belanak kedua

Sediakan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 1 ½ kg tepung terigu
  2. ¼ minyak goreng
  3. Mentega secukupnya
  4. 1 sendok makan garam
  5. 3 sendok makan gula pasir
  6. 1 sachet susu kental putih
  7. Air putih 2 gelas

Caranya membuat umpan ikan belanak kedua:

Campurkan semua bahan yang ada  diatas, lalu aduk hingga pulen. Kalau sudah pulen kemudian dikukus selama 30-45 menit. Setelah terlihat matang, selanjutnya aduklah hingga semua bahan hancur dan tercampur rata.

BACA JUGA : Umpan jitu ikan mas galatama malam hari.

Umpan Ikan Belanak Ketiga

Cara yang satu ini sangat praktis , mudah dan simpel. Bagi anda yang tidak punya waktu banyak untuk membuat umpan ikan belanak, anda cukup menggunakan roti tawar atau sejenis roti sobek. Potong roti tersebut menjadi bagian – bagian kecil kaitkan roti tersebut pada mata kail pancing anda, dan Umpan sudah siap untuk digunakan.

roti tawar untuk umpan mancing
roti tawar untuk umpan mancing

Umpan Ikan belanak ke Empat

Gunakanlah  Lumut ,  Bagi yang tidak mau kesulitan meracik umpan yang dirasa cukup lama dan ribet,anda  bisa menggunakan umpan alami berupa lumut yang merupakan makanan alamiah dari ikan belanak sendiri. cara memancing ikan nila dengan umpan lumut Carilah lumut yang masih segar biasanya masih berwarna hijau, jangan memakai lumut yang sudah tua yang biasanya berwarna coklat. Agar lumut lebih tahan lama tambahkanlah  sedikit garam.

Catatan : Perlu diingat ketika anda memancing ikan belanak, usahakan tidak merokok terlebih dahulu pada saat membuat umpan tersebut  dan tidak makan jengkol atau pete sebelumnya. Hal ini karena ikan belanak merupakan jenis ikan yang sangat sensitif dalam memilih bau dan aroma umpan. Nah kalau bisa hindarilah kedua hal tersebut supaya umpan tidak tercampur dengan bau rokok atau jengkol dan pete.

Trik unik cara mancing ikan belanak  dengan perangkap botol ala Ukawa 

Wow, Unik benar ini cara mancing ikan belanak  yang satu ini. Anda tidak perlu menggunakan mata hook atau kail, tetapi cukup dengan menggunakan botol plastik bekas kemasan larutan penyegar atau bisa juga dengan botol plastik minuman yan lain. Cara mancing ini di Malaysia konon sudah lama digunakan, tetapi relatif masih baru di Indonesia, karena  belum banyak yang tahu, sebelum caranya dibagikan ke anggota grup mancing maniak di facebook oleh Om Ukawa Punishersx yang berasal dari Subang Jawa Barat.

Untuk mempermudah anda mengerti dan mengetahui  bagaimana cara membuat alat mancing dengan botol larutan sebagai perangkap, silakan simak gambar-gambar di bawah ini.

rahasia umpan ikan belanak
cara mancing belanak dengan perangkap botol
umpan ikan belanak
hasil mancing ikan belanak

BACA JUGA : Belajar cepat cara mengikat pancing ( disertai gambar)

cara mancing ikan belanak
ikan belanak yang sudah terperangkap
tempat mancing ikan belanak
Belanak yang terperangkap dan tidak bisa keluar

Cara membuat perangkap ikan belanak dengan botol :

  1. Carilah botol bekas larutan penyegar atau atau botol plastik ( yang bentuknya hampir sama ) kemudian potonglah di bagian bawah/belakang, kemudian pada bagian samping plastik botol penyegar kita buat lubang-lubang kecil.
  2. Pada bagian tengah botol yang berlubang-lubang diletakkan sterofoam atau gabus atau bisa juga menggunakan sandal bekas dengan ukuran secukupnya (lihat gambar diatas) yang nantinya berfungsi sebagai pelampung botol itu sendiri.
  3. Pada bagian bawah ( yang besar dan bekas dipotong) diberi timah pemberat dengan maksud agar posisi botol vertikal atau mendatar dan di bagian berlawanan dengan line senar, yang di bagian itu diberi pelampung supaya posisi senar tidak menutupi lubang botol.

    cara membuat perangkap ikan
    timah pemberat untuk perangkap
  4. Lubang-lubang samping pada botol usahakan kecil saja disarankan tidak terlau besar dan banyak. Cukup di bagian bawah dari pelampung besar dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kiri dan kanan. Di bagian belakang diberi lubang dua titik saja dan pada bagian dekat dengan tutup botol tidak usah diberi lubang.Karena jikalau lubang terlalu besar atau kebanyakan, dikhawatirkan umpan akan mudah dimakan  oleh ikan belanak dari arah lobang samping.

    cara membuat jebakan ikan
    Terlalu banyaklubang menyebabkan belanak makan umpan dari samping
  5. Umpan untuk pancingan atau bom ikan belanak untuk masuk botol bisa digunakan adonan tepung terigu yang kita masukkan melalui bagian dari tutup botol. Sebelumnya, botol dikasih air sedikit dan kira-kira 3 cm dari tutup botol ditaruh umpan adonan tepung sekitar 1-2 sendok. Untuk umpan penarik kami sarankan menggunakan tepung dari beras bukan tepung dari terigu karena akan lebih menggumpal. Meskipun demikian Agan Ukawa mengaku dia banyak menggunakan umpan full terigu meski sering cepat pecah dan hancur, habis karena tekstur terigu lebih kasar dan berakibat gampang tumpah.
  6. Ketika ikan belanak masuk dari arah lubang besar ke arah jebakan botol, “gentak saja,” begitu kata Agan Ukawa Punishersx. YESSS STRIKE!!!

Nah sudah bisa kita simpulkan, bahwa trik cara mancing ikan belanak  dengan perangkap botol ini adalah membuat jebakan ikan belanak akan tetapi digunakan reel dan joran sebagaimana biasanya mancing.

Sedikit tambahan untuk pemilihan joran, disarankan menggunakan joran yang agak kaku alias menengah atau midle dimaksudkan agar botol berisi ikan akan mudah segera diangkat setelah ikan terperangkap.

BACA JUGA : Umpan TERMURAH mancing ikan mas…

Kalau waktu yang tepat mancing ikan belanak biasanya adalah pada pagi dan sore hari karena pada waktu siang hari ikan belanak lebih banyak beraktifitas dan berlarian ketimbang tertarik mencari makanan.

Praktek mancing ikan belanak dengan menggunakan jebakan botol ini, menurut Agan Ukawa Punishersx, sudah dipraktekkannya di tambak yang sudah menyatu dengan laut, tepatnya di daerah Pondok Bali Pamanukan, Jawa Barat.

Itulah tadi sedikit gambaran macam dan jenis umpan ikan belanak serata trik unik mancing ikan belanak, Silahkan mencoba, dan bagikan pengalaman memancing anda di kolom komentar dibawah..

Salam Gentak……

KOMENTAR ANDA