Cara mengetahui tempat yang banyak ikan di laut

tips memancingCara mengetahui tempat yang banyak ikan di laut – Memancing merupakan salah satu kegiatan yang cukup bnayak penggemarnya di dunia ini, dari tua muda sampai anak anak bahkan para wanita. Oleh karena itu semakin banyaknya orang gila akan mancing biasanya sampai lupa akan segala-segalanya,apalagi jika lokasi mancing berada di laut yang memang banyak ikannya.

Bagi para pemancing mereka sangat yakin alam akan membimbing kita untuk menentukan banyak tidaknya ikan di wilayah tertentu di laut.

Berikut ini beberapa tanda-tanda alam yang berguna untuk mengetahui tempat-tempat yang banyak ikannya di laut :

  • Keberadan terumbu karang

Bebatuan keras atau  yang lebih dikenal dengan karang laut, yang pada umumnya menjadi struktur luar dasar laut merupakan tempat tumbuhnya biota laut dan rerumputan karang. Nah Itulah tempat yang menjadi habitat favorit oleh ikan-ikan kecil mencari makanan dan sekaligus tempat untuk berlindung. Oleh karena itu biasanya , di tempat karang-karang ini akan banyak juga kita jumpai ikan-ikan besar atau ikan predator yang senang dan sedang berburu ikan-ikan kecil di terumbu karang.

BACA JUGA : Tips tempat banyak ikanya di sungai..

Keberadaan karang dapat kita amati dengan adanya ombak atau riak yang relatif beriak dan besar bila dibandingkan dengan permukaan laut yang di dasarnya jarang bahkan  tidak ada karangnya. Dengan mengamati dan melihat ombak di permukaan air ini, pemandu pemancing atau navigaor kita bisa menurunkan timah pemberat untuk beberapa kali di sejumlah titik berdekatan untuk mendapatkan gambaran dan menganalisa struktur di dasar laut . Cara ini oleh pemancing dan nelayan dikenal dengan istilah ngelot.

Jika Anda memancing dengan nelayan yang sudah berpengalaman atau dengan kapten kapal pengantar (tekong), maka biasanya mereka sudah paham dengan adanya dasar-dasar laut di mana tidak berkarang dan di mana banyak terumbu karangnya.

Saat ini, untuk mengetahui keberadaan karang bisa digunakan alat elektronik semacam depth sounder ataupun fishfinder.

  • Air dengan suhu yang hangat

Nah tanda alam berikutnya yang harus anda pahami juga yaitu ketika Anda sampai di tujuan atau spot mancing yang sudah ditentukan, sebaiknya Anda segera meraih atau memegang air laut. Rasakanlahsuhu air tersebut, apakah air laut terasa sangat dingin atau tidak. Jika air terasa dingin sekali sementara suhu udara di sekitar tempat itu terasa biasa saja bahkan hangat, maka bisa dipastikan kemungkinan ikan akan makan umpan di tempat itu relatif kecil.

Namun akan Sebaliknya, jika anda mendapati suhu air terasa hangat, kemungkinan tempat tersebut berpotensi besar terdapat ikan dan hal ini menjadi kunci sukses memancing yang akan Anda dapatkan.

Lalu apa tindakan kita jika merasakan suhu air laut terasa dingin ? yup sudah jelas, Segeralah pindah atau mencari spot mancing yang baru, dan setiap ada titik tertentu yang menjadi spot mancing anda, rasakan kembali kondisi airnya. Lakukanlah itu berulang kali sampai Anda menemukan spot dan titik mancing di mana air terasa hangat dibandingkan suhu air di tempat lain.

spot mancing laut

Beberapa Tempat yang biasanya air lautnya hangat adalah lokasi-lokasi di dekat muara, di mana terdapat aliran air sungai yang masuk disertai suhu kehangatan air sungai yang berbeda dengan kondisi suhu air laut. Lokasi lainya adalah di mana biasanya terdapat air buangan dari boiler atau mesin uap dari pembangkit listrik. Lokasi laut di sekitar PLTA (air) atau PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) biasanya bersuhu hangat karena digunakan dalam proses pendinginan mesin –mesin pembangkit listrik, kemudian sisanya baru dibuang ke air laut kembali

Namun biasanya, lokasi seperti itu tertutup dan tidak boleh sembarang orang bisa memasukinya.

  • Keberadaan burung-burung laut dan ikan boiling

Jika anda menemukan di suatu tempat di laut banyak beterbangan burung-burung di atas permukaan air laut, bisa dipastikan di perairan laut itu terdapat banyak ikan kecil seperti ikan sarden dan ikan teri. Nah, Ikan-ikan kecil ini merupakan santapan dan buruan ikan yang lebih besar. mulai dari cendro, giant travelly ,ikan tongkol ,  barakuda sampai tengiri biasanya akan berkumpul di lokasi di mana banyak terdapat ikan-ikan  kecil di permukaan di mana bisa kita amati dengan kehadiran sekumpulan burung laut di atasnya.

spot mancing laut

Pada saat banyak ikan-ikan kecil di permukaan laut biasanya akan dibarengi dengan adanya ikan-ikan rombongan yang saling berebut dan pesta berburu makanan yaitu  ikan-ikan kecil itu. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah kondisi boling atau  laut bagai mendidih dikarenakan banyaknya ikan-ikan yang beterbangan menyambar ikan-ikan kecil. Di daerah laut selatan, tepatnya di Pacitan biasanya, hal itu disebut ikan ngracak.

  • Keberadaan kayu dan sampah yang terapung

Jika anda mendapati  batang kayu besar atau sekumpulan batang-batang kayu kecil atau sampah-sampah lain di laut yang menggerombol terbawa arus ke lokasi tertentu ditengah laut, biasanya di bawahnya akan terdapat ikan-ikan kecil pemakan plankton yang terbawa sampah atau kayu. Ikan-ikan kecil ini akan mengundang keberadaan ikan-ikan predator yang lebih besar. Hal ini tentunya menjadi salah satu spot mancing yang perlu anda perhitungkan untuk mendapatkan hasil  mancing yang memuaskan.

BACA JUGA : TIPS JITU merawat Senar pancing..

  • Tubiran laut (drop off)

Drop off atau bahasa indonesianya Tubiran laut adalah dasar laut dari yang plat dan menjorok atau mendadak ke dalam atau seperti jurang, nah di sinilah merupakan lokasi yang sangat strategis untuk penangkapan ikan. Banyaknya ikan berada di lokasi ini hal ini disebabkan oleh aliran arus laut yang membawa serta plankton naik ke atas sehingga akan turut mengundang banyak ikan kecil untuk berburu makananya di lokasi tersebut. Ikan-ikan kecil inilah yang akan menjadi perhatian dan incaran ikan besar.

Lihat ilustrasi gambar mengenai tubiran laut di bawah ini.

cara mancing di laut
Gb. 1.2 Tubiran laut dan gunung (gosong) laut.
  • Karang gunung laut (Sea Mount Reef)

Karang gunung laut atau dalam bahasa asing dikenal dengan Sea Mount Reef  ( lihat ilustrasi gambar Gb. 1.2 di atas) merupakan lokasi dimana terdapat banyak ikan. Berdasarkan ilustrasi gambar diatas bisa kita amati di tempat ini arus laut akan tertahan oleh gunung sehingga arus tersebut naik dan membawa plankton di mana hal ini akan memancing kembali datangnya ikan-ikan kecil dan selanjutnya sesuai dengan rantai makananya makan ikan kecil akan menjadi santapan ikan besar. Selain itu gunung laut tersebut pada dasarnya adalah karang di mana banyak ditumbuhi biota laut yang sangat disukai oleh ikan.

Nah, Untuk mengetahui keberadaan sea mount reef tentunya kita membutuhkan alat bantu. Cara melihat dan menggambarkan seamount reef dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti depth sounder maupun fishfinder.

Yup, Itulah cara mengetahui tempat yang banyak ikan di laut yang bisa dijadikan patokan awal dan wawasan jika anda akan bepergian memancing di laut.

 

Salam Gentak…..

 

KOMENTAR ANDA

9 − 7 =