Cara memilih pelampung (float) pancingan yang tepat

Umpanmancing.net – Siapa yang tidak kenal dengan perlengkapan memancing yang satu ini, yup pelampung atau kumbul atau float dalam bahasa asingnya.Pelampung atau kumbul adalah syarat utama bagi mereka yang hobi memancing di perairan tenang seperti kolam-kolam pemancingan, danau dan sungai yang arusnya tenang. Cara memilih pelampung pancingan yang tepat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam menaikan ikan ke daratan. Salah satu fungsi dari pelampung pancingan ialah membuat umpan mancing kita tidak tenggelam atau jauh ke bawah dasar air( bisa diposisikan menggantung).

model pelampung
Berbagai macam variasi kumbul

Pelampung juga bisa berfungsi sebagai indikator / alat bantu yang serba guna bagi para pemancing. Pelampung tidak hanya berfungsi sebagai alat batu atau pemberi sinyal bahwa umpan pancing kita dimakan ikan, tetapi juga dapat  membuat pergerakan umpan terlihat lebih alami dan natural. Pelampung biasanya terbuat dari bahan kayu, bulu merak ,gabus dan fiber / plastik, dengan bentuk yang bervariasi ragamnya. Misalnya: bulat, oval (telur), Panjang, gasing, seperti kepala peluru dan lain sebagainya, tetapi tetap memiliki fungsi dan tujuan yang sama.

BACA JUGA : Umpan termurah ikan mas…

Akan tetapi kendati beraneka macam bentuk pelampung secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua.

Berdasarkan fisik jenis pelampung mancing ada dua jenis, yaitu pelampung yang besar / gemuk dibagian ujung dan pelampung yang besar/gemuk di pangkal.

Sedangkan berdasarkan kegunaannya, terbagi dua juga, yaitu pelampung pada permukaan air yang mengalir atau berarus dan pelampung pada permukaan air yang tenang.

Contoh pelampung yang gemuk dibagian ujung:

cara buat pelampung pancing
pelampung dari bahan plastik menggembung dibagian ujung

Contoh pelampung yang geuk dibagian pangkal :

harga kumbul
pelampung dari kayu, gembung di bagian pangkal

Cara memilih Pelampung pada permukaan air yang mengalir atau berarus:

Jenis pelampung yang pertama ialah yang digunakan khusus untuk mancing di perairan yang mengalir atau berarus.

Bentuk pelampung jenis ini dibagian ujungnya justru lebih menggembung / gemuk daripada di bagian pangkal. Cara pemasanganpelampung jenis ini juga tidak dengan dijepit timah (pemberat mata kail), melainkan dijepit menggunakan selang karet (biasanya menggunakan pentil sepeda) di bagian ujung dan pangkanya, sehingga senar utama akan menempel di sepanjang pelampung.

Pelampung yang ujungnya cenderung  langsing cocoknya dipakai untuk mancing pada posisi dimana jarak antara ujung joran (batang untuk memancing) dan pelampung cenderung lebih dekat, seperti bila kita memancing di sungai, dengan kecoa ,umpan laron dan umpan lain sejenis yang biasanya bobotnya ringan.

BACA JUGA : Umpan JITU Galatama Lele…

pelampung ikan mas
pelampung dari bahan styrofoam

Bentuk pelampung yang agak gemuk diujung akan tetapi tetap silinder di bagian pangkal akan lebih mudah terapung di permukaan air, sehingga akan lebh mudah kita liat reaksinya ketika umpan kita disambar oleh ikan. Tips buat pemancing yang baru belajar untuk mancing di perairan sungai sebaiknya memilih pelampung berjenis ini.

Nah, pelampung yang bentuknya agak menggembung di pangkal dan semakin besar  lagi mendekati ujung cocoknya hanya dipakai  untuk memancing di sungai yang memiliki kedalaman cukup dalam, akan tetapi airnya mengalir cukup deras.

Umpan yang dipakaipun sebaiknya juga berukuran cukup besar, misal kodok , daging keong, buah pisang ,bagian isi perut ayam.

Cara memilih pelampung tepat digunakan pada permukaan air yang tenang

Kebalikan dari jenis pelampung yang pertama pelampung jenis ini di desain untuk digunakan saat mancing di perairan yang permukaannya cukup tenang atau relatif diam. Bentuknya pada umumnya silindris dan pendek, silindris panjang atau silindris dengan bagian yang menggembung di dekat pangkal.

pelampung ikan mas
Pelampung silindris untuk ikan mas

Bentuk pelampung silindris pendek, paling cocok digunakan untuk mancing pada kondisi cuaca yang tidak ada angin dan permukaan air rata bagai berminyak. Hehe…Jenis-jenis pelampung dengan bentuk batang silindris panjang lebih cocok dipakai untuk memancing di perairan yang beriak tetapi tidak terlalu banyak sedangkan pelampung yang menggembung di pangkalnya pas digunakan pada saat riak di permukaan air menjadi satu permasalahan bagi pelampung yang berbentuk silindris rata.

Apabila diujung pelampung anda terdapat semacam batang/jarum tambahan, maka pergunakanlah batang tambahan tersebut berfungsi agar dihasilkan sensitivitas yang akan lebih jelas untuk diamati, khususnya dipakai pada saat memancing ikan yang typikal makan umpannya tergolong sangat pelan.

cara ikan mas memakan umpan
Ilustrasi dalam air

Pelampung jenis ini biasa kita gunakan dengan memasukan senar utama melalui cincin kawat pada bagian pangkal dan posisinya ditetapkan dengan bantuan dua buah pemberat mata kail (timah) berbentuk bulat kecil yang kita jepitkan ke senar utama.

Cara memilih pelampung pancingan yang tepat

Nah sekarang sudah bisa kita simpulkan pelampung yang baik dan benar harus bisa dilihat secara jelas oleh seorang pemancing. Penempatannya harus sesuai dengan panjang benang pacing serta posisinya yang tepat berada di atas permukaan air akan memudahkan pengawasan umpan mancing kita.

Pola warna yang tajam dan mencolok juga akan memudahkan pemancing mengetahui pergerakan ikan, Sedangkan untuk memancing pada waktu malam hari saat ini banyak model khusus pelampung yang sudah bisa ditempeli dengan menempatkan cahaya skotlight (phospor) yang terbuat dari bahan phospor (flourecent). Yang perlu diketahui agar menyala maka skotlight (chemical light) harus di tekan tekan (sedikit dipatahkan) agar dapat  menyala, tetapi pada saat mematahkanya (jangan sampai terlalu patah) stsu menekannya harus hati hati jangan sampai skotlight tersebut bocor cairan phospor akan keluar dari wadah plastiknya dan akan berakibat tidak akan menyala.

cara membuat starlight
starlight atau lampu

Saat ini banyak pelampung yang terbuat dari bahan karet ,busa dan sterofoam yang kedap terhadap air.

Ada beberapa kelemahan dan keunggulan pelampung berdasar bahan bakunya:

Pelampung dari bahan kayu: Pelampung dari bahan baku kayu akan mudah pecah dan mudah pula menyerap air sehingga dayanya untuk mengapung berkurang. Namun ada bausnya juga pelampung kayu biasanya cenderung lebih berat sehingga sangat berguna pada saat  keperluan kita untuk melemparkan umpan dengan jarak yang jauh, Sebagai contoh ketika kita memancing ikan kacangan di laut, kita tidak perlu untuk menambahkan timah pemberat. Karena berat pelampung kayu (yang ukuran besar) itu sendiri sudah cukup untuk jangkauan lemparan,pelampung jenis kayu ini relatif stabil wa;aupun ada hembusan angin.

Sedangkan pelampung dari busa relatif kuat dan tahan banting menopang beban timah (pemberat) ataupun umpan ikan.

Nah kalau pelampung sterofoam cenderung mudah pecah ,meski mempunyai keunggulan pada harganya yang relatif murah.

Cara Kerja Pelampung
Cara kerja pelampung pada umumnya ialah umpan hidup atau buatan kita kaitkan ke mata kail kemudian kita lempar ke permukaan air, hingga mencapai dasar atau sudah pada posisi yang tepat. Pada saat umpan sudah mencapai dasar, pelampung akan berdiri mengambang di air. Jika di dalam air banyak terdapat ikan-ikan kecil Umpan yang telah mencapai dasar tersebut akan didatangi dan dikerubuti  oleh ikan-ikan kecil, sudah pastinya pelampung akan sedikit berayun naik turun. Pada saat posisi ini kita harus tahu jenis ikan yang memakan umpan kita apakah itu ikan kecil atau ikan besar yang biasanya sebagai target utama mancing kita,Nah pada   saat umpan didekati oleh ikan yang berukuran besar dan disambarnya, maka pelampung kita akan bergerak turun bahkan akan tenggelam,  Nah itulah pertanda ikan telah telah memakan dan tersangkut pada mata kail kita.

ciri pelampung di makan ikan
posisi pelampung atau kumbul yang benar

Dari pengalaman para mancing mania indikator tersebut berbeda beda untukberbagai jenis ikan . Tetapi biasanya secara umum jika ikan yang kita pancing mempunyai bobot lebih dari 1 Kg biasanya pelampung langsung tenggelam karena ikan besar mempunyai karakter makan yang agak kasar. Untuk ikan jenis bawal dan patin  juga memiliki pola tanda makan umpan kita yang berbeda. Untuk itu anda harus banyak belajar dan pengalaman dalam mengenali cara-cara makan ikan.

BACA JUGA :  Umpan Jitu galatama ikan mas..

Jenis-jenis Float / Pelampung dan Isyarat pelampung memancing :
Kondisi posisi pelampung yang anda harus lakukan untuk menggentak joran anda. Beberapa Isyarat pelampung berikut ini menandakan umpan mancing anda sedang dimakan, dan anda harus segera menggentak joran, akan kita jelaskan sebagai berikut :

  1. Pelampung bergerak turun naik dengan cepat kemudian menghilang
  2. Pelampung bergerak naik lalu tiba-tiba rebah kemudian terseret atau menghilang
  3. Pelampung bergerak turun naik dengan cepat seperti gerakan mesin jahit

Itulah beberapa tips mengenai  Cara memilih pelampung yang baik dan cara-cara penggunaan pelampung, jika ada sesuatu yang prlu dikoreksi silahkan tinggalkan pesan anda di kolom komentar.

Semoga bermanfaat… dan Salam Gentak….

 

 

4 thoughts on “Cara memilih pelampung (float) pancingan yang tepat

KOMENTAR ANDA